MEMBACA FIRMAN MENEMUKAN PENGERTIAN

Penulis : Pdt Netsen | Wed, 19 October 2016 - 12:23 | Dilihat : 286
membaca-firman.jpg

Pdt. Netsen

Apabila kamu membacanya, kamu dapat mengetahui dari padanya pengertianku akan rahasia Kristus, yang pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus, yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus. (Efesus 3:4-6)

Dalam bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa pemenjaraan Paulus sangat berkaitan erat dengan rahasia Kristus Yesus yang dipercayakan kepadanya. Dan Paulus sangat sadar akan hal itu. Paulus rela dipenjarakan bukan untuk kepentingan dirinya, melainkan untuk mereka yang kepadanya dia memberitakan Injil. Sebagai Rasul yang menerima penyataan Allah tentang rahasia Kristus (3:4), ia telah menuliskan tentang rahasia Kristus itu kepada jemaat Efesus. Rahasia Kristus adalah bahwa kematian Kristus telah memisahkan tembok antara orang Yahudi dan non Yahudi.  Sebab hanya dalam Kristus, jalan kepada Bapa itu mereka miliki (2:18). Bukan karena Taurat atau bangsa Yahudi juga bukan karena keturunan Abraham secara daging maka mereka diselamatkan, melainkan karena Kristus yang telah menjadi korban pendamaian bagi mereka. Allah menganugerahkan keselamatan kepada jemaat di Efesus hanya karena kasih karunia-Nya (2:8). Allah telah memilih orang yang diperkenanNya sebelum dunia dijadikan (1:4). Rahasia Kristus inilah yang telah dituliskan oleh Paulus kepada jemaat di Efesus. Dan ia rindu mereka membaca tulisannya supaya mereka mengetahui bahwa keselamatan bukan hanya khusus untuk orang Yahudi, tetapi juga untuk orang non-Yahudi. 
Sebelum para Nabi (penulis PL) dan para Rasul (penulis PB), serta penulis lain yang bukan Nabi dan bukan Rasul, seperti Lukas, Markus, Yudas dan Yakobus, maka berita keselamatan kepada orang asing, yang bukan keturunan Abraham, bukan keturunan Israel belum diberitakan. Dalam progress revelation, Allah menyatakan karya penyelamatanNya melalui pemberitaan dan tulisan Para Nabi dan Para Rasul, dimana Allah berkenan menyelamatkan orang-orang asing. Yaitu orang-orang yang kepadanya Allah berkenan. 
Kini, Alkitab, yang memuat tentang rahasia Allah telah lengkap dan final. Yang melaluinya Allah telah berfirman kepada kita, khususnya umat pilihanNya. Karena itu ketika orang percaya ingin mencari pengertian akan kehendak Allah dan ingin mengetahui maksud rencanaNya bagi hidup adalah lebih baik untuk membaca, merenungkan dan menghidupi Firman Allah yang tetah tertulis. Membaca dan mempelajari Alkitab dengan baik dan benar seraya memohon tuntunan dari Roh Kudus, maka akan menghasilkan hikmat dan pengertian akan kehendak Allah. Kegagalan dalam memahami rahasia Allah merupakan konsekuensi dari mengabaikan dalam membaca, merenungkan dan menghidup Firman. 
Dalam ayat 6, Paulus dengan tegas menyampaikan kepada jemaat di Efesus tentang status orang yang bukan Yahudi yang telah menerima dan percaya kepada pemberitaan Injil. Pertama, mereka adalah turut menjadi ahli-ahli waris. Kedua, mereka adalah anggota-anggota tubuh. Dan ketiga, mereka adalah peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus. Inilah gambaran gereja yang autentik, yaitu kumpulan orang yang dipanggil oleh berita Injil, yang terdiri dari berbagai latar belakang dan perbedaan, tetapi dipersekuutukan dalam kasih diikat dalam satu janji. Yaitu janji Keselamatan dalam Kritus Yesus Tuhan, satu-satunya Juruselamat. Amin.

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top