KAYA DI DALAM KRISTUS

Penulis : Pdt Nikodemus Rindin | Wed, 19 October 2016 - 12:25 | Dilihat : 242
in-god-we-trust-header-940x400.jpg

GI. Nikodemus Rindin
Suatu kisah yang tidak pernah saya lupa yaitu tentang seorang yang bernama Hetty Green yang tercatat dalam sejarah Amerika sebagai “Orang Pelit Terbesar di Amerika”, ia bukan hanya pelit untuk dirinya sendiri tetapi juga pelit untuk orang lain. Ketika ia meninggal pada tahun 1916, ia meninggalkan harta yang bernilai lebih dari 100 juta dollar.  Ia makan bubur gandum dingin karena memanaskannya berarti mengeluarkan uang.  Anaknya yang laki-laki harus mengalami amputasi kaki karena ia menunda-nunda begitu lama untuk mencari sebuah klinik yang menawarkan pengobatan gratis, sehingga kaki anaknya menjadi tidak dapat disembuhkan. Ia kaya raya, namun memilih untuk hidup seperti seorang gembel. Kisah ini merupakan suatu gambaran yang sangat pantas bagi begitu banyak orang Kristus yang sebenarnya mereka sudah memiliki kekayaan yang rohani namun mereka menjalani kehidupan seakan-akan mereka masih dalam keadaan miskin dan bahkan berlaku seperti gembel. 


Dalam Efesus 1:1-14, dikatakan jelas bahwa Allah Bapa telah membuat kita kaya di dalam Yesus Kristus!  Di dalam-Nya kita telah menerima segala berkat rohani. Berkat rohani tersebut diterima bukan karena usaha manusia. Sebab anugerah itu diberikan kepada orang yang tidak layak menerimanya dan tidak mungkin meraihnya karena usahanya sendiri. Di dalam Kristus kita telah di tebus, di kuduskan, dipilih dan diangkat menjadi anak-anak-Nya sebagai keluarga-Nya. Dulu secara mutlak kita ada di bawah kuasa dosa dan kuasa dunia.  Tapi sekarang secara mutlak pula Allah di dalam Yesus Kristus mengangkat kita keluar dari kuasa itu dan menempatkan kita di bawah kuasa-Nya.  Tindakan Allah itu telah menghapuskan segala macam masa lalu kita dan menjadikan kita sebagai ciptaan yang baru. Allah bukan hanya kaya dalam kasih karunia-Nya, tetapi juga tuntas dalam pengampunan-Nya.  Dan Roh Kudus  telah menjadi meterai pengikat sebagai wujud jaminan secara penuh bagi mereka yang percaya kepada-Nya.  


Dapatlah disimpulkan setidaknya ada tiga berkat rohani yang membuat orang percaya kaya di dalam Kristus.  Pertama, berkat rohani yang berhubungan dengan masa lalu, yaitu tentang pemilihan-Nya sebelum dunia dijadikan (ay. 4,5,11). Kita dipilih untuk diselamatkan, bahkan sebelum kita hadir di dalam dunia Allah telah memilih kita. Pemilihan itu mutlak berdasarkan kehendak dan kerelaan Allah sendiri. Bukan karena manusia baik, benar dan bukan juga karena manusia mencari Allah.  Alkitab dengan tegas berkata, “bukan kamu yang memilih Aku tetapi Akulah yang memilih kamu” Yoh15:16. Tujuan pemilihan itu adalah agar mereka pergi menghasilkan buah bagi hormat nama-Nya. Kedua, berkat rohani yang berhubungan dengan masa sekarang, yakni kita diangkat menjadi anak-anak Allah (ay. 5) dan mengalami pengampunan-Nya secara total (ay.7), serta memiliki jaminan keselamatan (ay.13). Semuanya itu dialami karena karya kasih-Nya yang agung. Apa yang membuat kita “kaya” yaitu Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Kekayaan yang diberikan oleh sumbernya sendiri.  Sumbernya itu adalah pencipta, terlalu sederhana baginya untuk membuat seseorang menjadi kaya secara jasmani tetapi berbicara tentang kekayaan rohani hanya diperuntukan bagi mereka yang dipilih-Nya. Ketiga, berkat yang berhubungan dengan masa yang akan datang, yaitu dipersatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu (ay.10). Bagian ini menyingkapkan tentang pengharapan bagi orang percaya.  Pengharapan yang bukan hanya terjadi saat ini tetapi pengharapan yang akan terjadi di kekekalan kelak.  Di dalam dunia kita telah dipersekutukan dengan-Nya dengan kekayaan yang limpah. Karena itu penting untuk hidup benar disegala ruang kehidupan. Kita bukan seorang gembel, tetapi kita adalah seorang yang berharga dan mulia, yang dipilih-Nya untuk mengalami kekayaan yang sesungguhnya.  Dan betapa indahnya kekayaan itu setelah kita berada di kekekalan. Karena persekutuan dengan-Nya di sana melebihi nikmat dari segala kekayaan dunia yang ada. 

 

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar

Top