Tokoh

Dr. Howard A. Kelly, Dokter

Penulis : Pdt Julius Mokolomban | Fri, 6 February 2015 - 15:47 | Dilihat : 1639

 Alkitab dan Ilmu Pengetahuan

Dr. Howard Atwood Kelly lahir 20 Februari 1858 di Camden, New Jersey, AS, dibesarkan di daerah dekat Philadelphia. Setelah menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Universitas Pennsylvania pada tahun 1882, dia membuka praktik sendiri di Philadelphia (1882 – 1883). Tidak berhenti sampai di situ, rumah sakit khusus wanita didirikannya pada tahun 1883 dan diberi nama Rumah Sakit Kensington.

Pada tahun 1889, Dr. Kelly pindah ke Baltimore untuk bekerja sebagai ahli ginekologi di Universitas Johns Hopkins. Selama kariernya, Dr. Kelly mengembangkan metode pembedahan baru dan teknik-teknik diagnostik dan menjadikan Baltimore menjadi pusat ginekologi terbaik di Amerika Serikat. Sambil bekerja di Rumah Sakit Johns Hopkins, dia bekerja pula di sebuah rumah sakit swasta yang didirikan oleh rekan sejawatnya, Hunter Robb. Pada tahun 1912, rumah sakit swasta tersebut pun berubah nama menjadi Rumah Sakit Howard A. Kelly.

Salah satu karya Dr. Kelly juga menulis buku biografi medis dan traktat rohani, "A Scientific Man and the Bible" (Seorang Ilmuwan dan Alkitab). Dia begitu ternama di kalangan profesional di seluruh dunia termasuk kalangan bangsawan dan kaum cerdik cendekia.
Dalam sebuah wawancara dengan The American Magazine tahun 1924 menuliskan, "Dr. Howard A. Kelly, ahli bedah dan ilmuwan terkemuka, mengatakan bahwa kekristenan membuatnya menjadi pribadi yang baru, dan ia menceritakan bagaimana kekristenan juga telah membawa orang-orang lain lahir baru."

Ketika pewawancara bertanya mengapa Dr. Kelly menjadi orang Kristen, dia menjawab bahwa imannya kepada Kristus sudah menjadi hal penting sejak dia kecil. Ibunya, wanita paling saleh yang pernah dia kenal, sudah mulai mengajarkan ayat-ayat Alkitab saat Dr. Kelly masih berusia 3 tahun. Di rumahnya, Alkitab terus-menerus dihidupi. Ibunya bukan hanya menekankan kegunaannya, tapi juga menerapkan Alkitab melalui kehidupannya sendiri, dengan penerapan yang nyata.
Dengan sangat tegas dan jelas Dr. Kelly menyatakan bahwa imannya bukan suatu warisan semata. Dari firman Tuhan dan dari pengalaman Dr. Kelly menyadari bahwa imannya tidak didasarkan dari bukti-bukti, meskipun bukti-bukti itu perlu, namun didasarkan atas Yesus Kristus.
Dr. Kelly berkata bahwa dia tersentak ketika membaca Yohanes 7:17, "Orang yang mau menuruti kemauan Allah, akan tahu apakah ajaran-Ku datangnya dari Allah...." (BIS) Menurutnya ayat tersebut adalah sebuah tantangan untuk membuktikan kebenaran Alkitab dengan cara menurutinya! Sebagai seorang ilmuwan yang mengamini bahwa semua ilmu pengetahuan dibangun di atas dasar pembuktian melalui percobaan, maka tidak ada yang lebih ilmiah dan masuk akal daripada menerima tantangan tersebut.

Dr. Kelly percaya bahwa Alkitab benar-benar adalah firman Allah, karena ketika ia menggunakannya sebagai makanan spiritual, ia melihat perubahan dalam hidupnya. Sebagai seorang dokter ia memperhatikan bahwa Alkitab melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh buku lain, yaitu menunjukkan diagnosa kondisi kerohaniannya. Kemudian, Dr. Kelly berkata, "Alkitab menunjukkan kepadaku dengan jelas seperti apa aku sebenarnya, seseorang yang tersesat dalam dosa. Alkitab juga menyingkapkan Allah yang dekat dan lemah lembut dalam pribadi Kristus yang memuaskan kerinduan hati. Mengerti tanpa memercayainya adalah bunuh diri secara intelektual.

Dr. Howard Atwood Kelly meninggal 12 Januari 1943, usia 84 tahun, dengan meninggalkan berbagai karya-karya yang luar biasa dalam ilmu kedokteran. Dia sangat dikenal sebagai dokter ahli yang memiliki iman Kristen yang luar biasa./jm/dbs

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top