Sapaan Gembala

Hakikat Cinta

Penulis : Admin | Mon, 2 March 2015 - 13:26 | Dilihat : 1309

Saudaraku, setiap kita masuk di bulan Februari. Maka kebanyakan orang, terkhusus bagi orang2 yang khasmaran rindu merayakan hari Valentine secara special kepada masing-masing pasangannya.
Hal ini menjadi gambaran bahwa manusia pada hakikatnya membutuhkan cinta atau kasih sayang untuk dapat berelasi terhadap sesamanya. Oleh karenanya kalau kita bicara tentang cinta sudah barang tentu ini menjadi kerinduan setiap insan manusia.

Namun sayangnya itu hanya impian belaka dimana banyak orang tidak sadar bahwa sebagai akibat manusia jatuh dalam dosa, manusia tidak punya kemampuan lagi dalam mendemonstrasi kan kasih yang sejati itu sebabnya tidak aneh nilai kasih yang sejati mengalami degradasi yang sangat signifikan. Hal ini terbukti: dengan adanya angka perceraian yang semakin meningkat perselingkuhan menjadi sesuatu yang tidak tabu lagi sehingga tidak aneh kalau timbul istilah-istilah php atau ttm. Belum lagi muncul lagu-lagu yang bernuansakan putus cinta atau adanya kekasih yang lain. Lalu di valentine cinta dilambangkan dengan permata. Demikian juga orang beragama, yang hidup tidak rukun bahkan sampai ada yang membunuh satu dengan yang lainnya dengan mengatasnamakan kasihnya terhadap Tuhan, sungguh ironi bukan?
Hal ini hanya bisa dipulihkan jika kita hidup di dalam Tuhan. Terkhusus kepada Tuhan Yesus yang sudah mendemonstrasikan kasih yang besar itu kepada kita. Namun kalau kita mau membedah pada hakikatnya terdapat 3 komponen di dalam cinta yang sejati itu: Intimacy, passion dan ommitment. Ketiga hal ini tidak bisa saling terpisahkan karena semuanya saling terkait satu dengan yang lainnya.
Untuk itu marilah kita hidup saling mendemonstrasikan kasih yang sejati itu. Karena hanya dari sanalah dapat terlihat bahwa kita hidup sungguh-sungguh di dalam Tuhan. Kalau dunia saja berlomba-lomba untuk mendemonstrasikan kasih itu, apalagi kita yang hidup di dalam Tuhan, seharusnya jauh lebih bijak dan elegant dalam mendemonstrasikan kasih itu.

Lihat juga

Komentar


Group

Top