Tokoh

Frances Ridley Hevergal (1836 1879)

Penulis : Pdt Julius Mokolomban | Tue, 12 May 2015 - 15:30 | Dilihat : 2045

Kamu dapat mengatakan bahwa Frances Ridley Havergal tahu bagaimana membawa sekilas sorga ke bumi kepada keluarganya, gerejanya, dan teman-temannya. Mungkin ini karena Frances begitu sering memikirkan tentang sorga , jernih dan berusaha mendengarkan suara Allah dengan cermat. Tidak ada seorang pun yang tidak menyukai perangainya yang manis, sebab Frances memikirkan orang lain dan tidak hanya diri sendiri.

Tidak ada gadis yang lebih baik dan lebih lembut hatinya dengan suara yang begitu merdu daripada Frances Havergal. Orang-orang senang mendengarkan suaranya yang lembut, jernih dan merdu. Orang tua Frances tahu bahwa dia telah dikaruniai bakat yang luar biasa. Musik memenuhi rumahnya dan Frances senang bernyanyi dan bersenandung bersama ayahnya. Ketika frances sudah cukup besar untuk membaca, dia mengambil pelajaran musik dan dengan gembira berlatih setiap hari. Guru-guru yang mengajar dia bernyanyi dan bermain piano juga sangat terkesan dengan kerja kerasnya selain dengan bakatnya yang luar biasa. Meskipun dia masih sangat muda, Frances seharusnya dapat menjadi penyanyi yang kaya dan ternama, namun dengan bijaksana dia membuat pilihan yang lebih baik.

Frances juga menulis syair dan mulai menyanyikan sajak-sajak yang di karangnya. Wajar bila seorang gadis yang begitu berbakat dan ceria serta disenangi orang seperti Frances menjadi sombong dan hanya memikirkan dirinya sendiri, namun dia tidak seperti itu. Dia tidak membanggakan diri bila orang mengatakan kepadanya bahwa dia memiliki suara yang merdu, tetapi Frances mempunyai cara yang menawan hati untuk melimpahkan segala kemuliaan kepada Allah. “ Saya hanya menyanyi untuk Yesus”, dia akan berkata dengan lembut.

Frances tahu bahwa dia harus bertanya kepada Allah bagaimana dia harus mempergunakan bakatnya. Perhatian utamanya adalah bagi orang-orang yang belum mengenal Yesus. Sebelum menyanyi, dia selalu berdoa bagi orang-orang yang mendengarkan. Dia juga orang yang sangat murah hati, karena itulah dia mampu membawa sekilas suasana sorga kepada orang-orang yang ada disekitarnya, bahkan gereja dimana ia berada. Suatu hari dia mendengar bahwa beberapa orang misionaris dari gereja membutuhkan dana untuk melanjutkan tugas pekerjan mereka, dan saat itu juga ia bergegas pulang ke rumah dan mengumpulkan barang berharganya, kemudian mengirimkannya ke gereja. Dia menulis pada secarik kertas kecil dan dimasukkannya di dalam kotak, bahwa dia akan senang sekali jika barang berharganya dapat dijual dan uangnya diberikan kepada para misionaris.

Frances tidak mementingkan diri sendiri dan selalu mendoakan orang lain, maka mereka pun dapat merasakan kehangatan hati sorgawinya. Dia sering mengirimkan pesan-pesan yang mengandung pengharapan dan syair-syair yang ditulisnya untuk menghibur orang lain. Pada suatu kali, untuk merayakan tahun baru Frances mengirimkan kartu ucapan kepada semua temannya yang berbunyi “Akan datang tahun yang baru, ya Bapa, tahun ini kiranya kembali menjadi tahun untuk-MU, di bumi atau di sorga. Selamat tahun baru, Hendaknya kamu selalu bahagia”

Frances mampu membangkitkan banyak sukacita kemana pun dia pergi. Dia selalu mengatakan kepada orang lain bahwa keputusan terbaik yang pernah diambilnya adalah mengikuti jalan Allah dan bukan menggunakan bakatnya untuk menarik perhatian kepada dirinya sendiri. Kebahagiaan dalam dirinya adalah terus berusaha mengikut Yesus dan melakukan apa yang diperintahkan Tuhan dalam hidup ini.

Lahir tgl 14 Desember 1836 di Astley Worcestershire, Inggris.

Meninggal 3 Juni 1879

Sumber:KidungRohani/bw

Lihat juga

Komentar


Group

Top