Tokoh

Rick Warren

Penulis : Pdt Nikodemus Rindin | Mon, 15 February 2016 - 13:53 | Dilihat : 2535

Pendiri Gereja Saddleback dan Penulis Buku "The Purpose Driven Life"

Rick Warren lahir pada tahun 1954, dan ia adalah pendeta senior dan sekaligus sebagai pendiri gereja Saddleback di Lake Forest, California. Warren menyatakan bahwa dia terpanggil sebagai pelayan penuh waktu dalam pelayanan Kristen semenjak ia berusia 19 tahun ketika sedang menjadi mahasiswa di Universitas Baptis California. Pada November 1973, ia membolos dan menyetir sejauh 350 mil demi mendengarkan Khotbah W.A. Criswell di Hotel Jack Tar, yang terletak di Kota San Fransisko.  Warren menikah dengan Elizabeth K. Warren (Kay) dan dikaruniakan oleh Tuhan 3 orang anak, yaitu Amy, Josh dan Matthew serta empat orang cucu. Ia menyebutkan Billy Graham, Peter Drucker dan ayahnya sendiri sebagai mentor rohaninya.

Ia bersama istrinya, Kay, merintis gereja di rumah mereka pada bulan Januari 1980, mulai dengan satu keluarga. Ia adalah seorang pendeta Injili dan seorang penulis. Bukunya yang terkenal "The Purpose Driven Life", yang pernah bertengger di posisi nomor satu di harian New York Times sebagai best seller untuk kategori buku nonfiksi selama 111 minggu. Buku ini mengetengahkan apa yang dipercaya Warren sebagai lima prinsip Alkitab untuk menjalani suatu kehidupan yang utuh: penyembahan, persekutuan, pemuridan, pelayanan, dan penginjilan. Dan karena keberhasilan penjualan bukunya, maka pada tahun 2005 Warren mengembalikan gaji yang telah 25 tahun diterimanya ke gereja dan menghentikan pengambilan gaji. Ia mengatakan ia dan istrinya memberi 90% dari pemasukan mereka dan menggunakan 10% sisanya untuk kebutuhan hidup mereka.

Kini dengan 20.100 pengunjung setiap akhir minggu dan lebih dari 50.000 nama terdaftar dalam daftar hadir gereja, Gereja Saddleback menjadi salah satu gereja terbesar dan terkenal di Amerika Serikat. Gereja ini merupakan gereja Baptis paling pesat pertumbuhannya dalam sejarah dan merupakan gereja terbesar dalam Konvensi Gereja Baptis Selatan. Gereja ini berlokasi di Lake Forrest di bagian Selatan Orange County, California Selatan. Dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir ini lebih dari 9.200 orang percaya baru telah dibaptis di Saddleback. Gereja ini juga telah mengutus 4000 anggotanya dalam proyek misi di seluruh dunia.  Rick Warren dikenal juga sebagai perintis paradigma Purpose Driven untuk kesehatan pertumbuhan gereja melalui bukunya “The Purpose Driven Church”. Lebih dari 250.000 pendeta dan pemimpin gereja dari lebih 125 negara telah menghadiri seminar Purpose Driven Church dalam 18 bahasa yang berbeda dan memfokuskan pada pengajaran para pemimpin gereja lain untuk mengintegrasikan lima tujuan dalam stuktur gereja lokal mereka.

Tidak seperti pemimpin religius dan Kristen lainnya yang terkenal. Warren tidak memiliki program radio dan televisi sendiri. Ia lebih terkesan supaya orang mengetahui isi pengajarannya ketimbang mengetahui namanya atau nama gerejanya. Ia menghindari politisasi denominasi, pemerintah dan menjalani kehidupan seperti salah satu anggota jemaatnya sendiri. Ia mengendarai mobil SUV-nya sendiri. Para rekan sejawatnya menganggapnya sebagai seorang yang murah hati, lucu, dan rendah hati -- seseorang yang kehidupan pribadinya mencerminkan kehidupannya publiknya tentang seorang "manusia biasa" yang kebetulan menjadi seorang gembala sidang dari sebuah gereja Injili konservatif yang besar. Ia mendapatkan gelar Bachelor of Art dari California Baptist College, gelar Master of Divinity dari Southwestern Theological Seminary, dan gelar doktor Ministry dari Fuller Theological Seminary. Gelar kehormatan lainnya termasuk Biblical Preaching Award, beberapa gelar doktor kehormatan, dan majalah Metro menyebutkan sebagai salah satu dari 25 orang paling berpengaruh di Oregon County, California.

Sumber: BikoKristi/Nikodemus Rindin

Lihat juga

Komentar


Group

Top