Mengenal Alkitab

Keselamatan Orang Pilihan Allah

Penulis : Pdt Netsen | Sun, 10 July 2016 - 11:29 | Dilihat : 1668

Pdt. Netsen

“Di dalam Dia kamu juga karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.” Efesus 1:13-14

Hidup orang percaya adalah hidup di dalam Kristus. Di dalam Efesus pasal 1:3-15 Paulus berulang kali menggunakan ungkapan kalimat “di dalam Dia” untuk menunjuk pada bagaimana kehidupan orang percaya ada di dalam Kristus. Khusus di dalam ayat 13, Paulus berkata kepada jemaat di Efesus, bahwa di dalam Kristus mereka telah mendengar Injil kesalamatan. Tentang keselamatan yang juga disebut sebagai berkat rohani di dalam sorga (ay. 1) merupakan kasih karunia Allah bagi orang yang kepadanya Dia berkenan. Dalam ketidaklayakkan dan ketidakberdayaan semua manusia, dimana semua manusia telah mati oleh karena dosa. Allah dalam kerelaan dan kedaulautan yang penuh memilih dan menentukan orang yang Dia kasihi untuk menikmati anugerah keselamatan.
Keselamatan yang dikerjakan oleh Yesus Kristus Tuhan dalam karya salib adalah satu kali untuk selamanya. Dan keselamatan yang Tuhan anugerahkan kepada orang yang dikasihiNya adalah tetap atau permanen. Dengan kata lain bahwa keselamatan yang diberikan oleh Allah kepada orang pilihanNya tidak bisa hilang. Sekali selamat tetap selamat. Kalimat atau pernyataan ini tentu sangat menarik untuk dipikirkan dan menantang untuk menunjukkan kualitas hidup keberimanan orang pilihan Allah. Disebut menarik, karena orang pilihan Allah mendapat kepastian akan keselamatan. Tidak ragu dan tidak mengira-ngira. Meskipun ada pemahaman atau pengajaran yang mengajarkan bahwa keselamatan bisa hilang, namun sejatinya Alkitab tidak mengajarkan demikian.
Dan khusunya di dalam Efesus 1:13-14, secara tersirat Paulus menegaskan bahwa Roh Kudus memeteraikan dan menjamin keselamatan orang pilihan Allah. Karya Allah tentang keselamatan bagi orang yang dikasihiNya sungguh sangat sempurna. Allah sendiri yang merencanakan dan menentukan dalam kekekalan, Allah dalam diri Yesus Kristus Tuhan juga yang mengerjakan keselamatan di kayu salib dan Allah sendiri, yaitu Roh Kudus yang mensahkan atau memeteraikan sekaligus yang menjadi penjamin keselamatan. Dengan memperhatikan karya Allah yang agung dan utuh ini maka siapakah manusia sehingga bisa mengguggat keputusan Allah. Siapakah manusia, sehingga bisa membatalkan dan menyempurnakan keselamatan yang di kerjakan oleh Allah yang berkuasa atas seluruh sorga dan bumi.
Adalah penghinaan terhadap Allah ketika manusia yang adalah orang berdosa mengganggap dan mengkalim adanya andil diri dalam menerima anugerah keselamatan. Adalah penyangkalan akan kesempurnaan karya Allah ketika menanusia yang adalah orang berdosa mengganggap bahwa keselamatan yang dikaruniakan oleh bisa hilang. Siapakah manusia sehingga ia dapat membantu Allah dalam mewujutkan atau mensukseskan keselamatan bagi manusia berdosa. Allah punya maksud yang Agung bagi orang-orang pilihanNya, yaitu menebus mereka dari murka Allah sehingga mereka menjadik milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. Amin

Lihat juga

Komentar


Group

Top