Sapaan Gembala

Mempersembahkan Hidup Bagi Tuhan (Roma 12:1-2)

Penulis : GI Julius Mangantibe | Sun, 21 April 2019 - 10:00 | Dilihat : 333
Tags : Julius Mangantibe Mempersembahkan Hidup Persembahan Roma 12 Roma 1212 Tuhan

Selain kagum dan bersyukur, respon yang tepat terhadap predestinasi adalah bagaimana kita beribadah kepada Tuhan. Apa itu ibadah? Apakah ibadah identik dengan pergi ke gereja? Tidak. Ibadah sejati bukan ibadah fenomenal, tetapi ibadah esensial. Ibadah inilah yang diajarkan Paulus mulai pasal 12 s/d 16 sebagai aplikasi atau respon secara praktis dari doktrin predestinasi.

Dalam Roma 12:1-2, Paulus mendesak jemaat Roma untuk melakukan ibadah sejati. Terjemahan New American Standard Bible (NASB) untuk kata “menasihatkan” adalah kata urge (mendesak). Sedangkan banyak terjemahan Inggris menggunakan kata yang berarti memohon (beseech, plead, dll) Dari struktur bahasa Yunani, kata ini menggunakan bentuk orang pertama, tunggal, waktu sekarang (present), aktif, dan indikatif. Lalu apa signifikansinya dari struktur bahasa Yunani ini? Dari struktur bahasa Yunani ini, kita bisa belajar sebegitu pentingnya dorongan/desakan Paulus ini di dalam beberapa hal:

Pertama, permohonan/desakan Paulus bersifat langsung (bentuk kata ganti orang pertama). Kata “menasihatkan” di sini menggunakan bentuk kata ganti orang pertama. Di dalam bahasa Inggris, kita mengerti contohnya, yaitu penggunaan subjek I, you, dll sebagai bentuk kata ganti orang pertama. Nasihat yang menggunakan bentuk seperti ini adalah nasihat yang langsung ditujukan kepada jemaat Roma agar mereka menunaikan ibadah sejati. Kedua, permohonan Paulus ini bersifat tunggal. Artinya, nasihat ini berlaku untuk masing-masing individu jemaat di Roma, bukan borongan. Dengan kata lain, Tuhan melalui Paulus mengajar masing-masing pribadi jemaat Roma agar mereka masing-masing beribadah dengan konsep yang benar kepada Tuhan. Ibadah sejati bukanlah ibadah borongan, tetapi ibadah pribadi kepada Tuhan (meskipun tentu tetap memerhatikan konsep persekutuan di dalam ibadah). Ketiga, permohonan ini penting dan berlaku sekarang. Artinya, nasihat ini tidak berlaku untuk waktu mendatang, tetapi sekarang. Dengan kata lain, nasihat ini memiliki tingkat urgensi tinggi. Tuhan melalui Paulus mengingatkan agar jemaat Roma setelah mendapatkan banyak doktrin iman Kristen, mereka langsung mengaplikasikannya ke dalam kehidupan mereka sehari-hari di dalam ibadah. Bagaimana dengan hidup kita? Apakah kita yang sudah banyak belajar theologi, kita makin dingin, kering, statis, dan tidak ada perubahan? Biarlah kita mengoreksi spiritualitas dan praktik hidup kita? Keempat, permohonan ini bersifat aktif. Aplikasi doktrin bukanlah pasif, tetapi aktif. Aktif di sini harus diartikan bahwa kita bisa melakukan perbuatan/ibadah yang memuliakan Tuhan hanya karena anugerah Allah melalui Roh Kudus. Tetapi jangan salah mengerti dan dibalik bahwa kita tidak berbuat apa-apa dengan alasan menunggu Roh Kudus bekerja di dalam kita. Di sini, uniknya, Paulus menggunakan bentuk aktif di dalam kata “menasihatkan,” berarti nasihat ini harus dilakukan secara aktif, bukan menunggu pimpinan Roh Kudus atau yang lain.

Nasihat ini bukan nasihat saja, tetapi Paulus mengatakan bahwa nasihat ini diberikan demi kemurahan Allah dan kemurahan Allah bisa diterjemahkan belas kasihan Allah. Apa signifikansinya? Nasihat ini yang dikaitkan dengan belas kasihan Allah berarti Paulus ingin menasihati jemaat Roma agar mereka beribadah secara benar kepada Allah dengan mengingat belas kasihan-Nya yang telah memilih dan menetapkan mereka sebagai anak-anak-Nya. Paulus mendorong umat Tuhan untuk beribadah secara benar dan mengingatkan mereka akan belas kasihan-Nya kepada mereka. Hal ini juga berlaku bagi kita saat ini. Ingatlah, Tuhan telah menyelamatkan kita dari jurang kegelapan dan maut dengan mengangkat kita untuk bertemu dengan terang-Nya yang ajaib di dalam Kristus, oleh karena itu, biarlah kasih setia dan belas kasihan-Nya ini mendorong dan memimpin langkah hidup kita untuk makin memuliakan Tuhan selama-lamanya. Amin @

Lihat juga

jQuery Slider

Komentar


Group

Top