Mengenal Alkitab

Ketaatan Pada Orang Tua

Penulis : Pdt Nikodemus rindin | Wed, 22 May 2019 - 14:30 | Dilihat : 99
Tags : Efesus 613 Nikodemus Rindin Orang Tua Taat

Alkitab telah menggariskan suatu rumus kehidupan bahwa seorang anak wajib dan harus taat kepada ayah dan ibunya, apapun keadaan orang tuanya dengan kelebihan den kekurangan yang dimilikinya. Efesus 6:1-3, memberikan suatu garis yang sangat jelas bahwa taat karena suatu alasan, yaitu karena engkau dan saat taat pada perintah Tuhan. Karena mengasihi dan menataati orang tua adalah meruapkan cara hidup orang yang sudah ada di dalam Tuhan. Bila seseorang yang di luar Tuha menganggap wajar untuk tidak taat kepada orang tua dengan alasan apa pun maka kita sebagai orang percaya akan mengganggap wajar dab baik taat kepada orang tua dalam keadaan apa pun. Di sinilah letak perbedaan yang sangat jelas antara oranga percaya dan bukan orang percaya. Waktu seorang sudah besarm sudah kaya, sudah terkenal dan sudah mampan maka bukan berarti taat kepada orang tua menjadi gugur, akan tetapi harusnya bertumbuh hidup dan hidup dalam dirinya. Kenapa harus taat kepada orang tua? Sebab kita ada sampai boleh berada dalam titik ini itu oleh karena kehebatan dan kebaikan bahkan perhatian serta kasih sayang orang tua kita. Anak yang tidka memahami kebaikan dan cinta orang tua akan cenderung abai kepada orang tuanya. Anak yang miskin kasih sayang akan merasa bahwa tidak ada ikatan batin yang mengharuskan dirinya untuk mengasihi dan mentaati orang tuanya. Tetapi menurut saya, alasan yang paling penting untuk membuat kita bisa taat, bisa mengasihi dan melayani orang tua adalah karena kita sudah hidup mengenal kebenaran dan hidup di dalam Tuhan.

Saya sering melihat dan mendengar bahwa anak yang tidak pernah taat akan orang tua mereka hidup mereka sangat menderita. Entah karena mengalami pukulan dari Tuhan, atau juga karena mereka baru sadar dan kemudian menyesal. Waktu orang tua masih hidup telinga mereka tertutup terhadap nasehat dan kependulian orang tua, tetapi waktu orang tua mereka meninggal maka mereka baru sadar, tapi apa dikata waktu dia sadar semua menjadi sudah terlambat. Dia mau mendangar dan berbuat baik kepada orang tuanya sudah tidak mungkin sebab waktu sudah berlalu dan tidak bisa diputar kembali. Taat pada orang tua itu memang tak mudah tetapi kalau engkau mau melakukannya maka engkau akan lega dikemudian hari, engkau tidak akan pernah dihantui oleh rasa penyesalan dan air mata yang tidak perlu. Tangismu adalah harusnya air mata bahagia karena telah memperlakukan papa dan mama dengan baik dan benar. Waktu engkau sekolah, bekerja dan berkeluarga engkau menjadi seorang yang membuat mereka bangga padamu. Tahukah engkau apa yang membuat orang tuamu puas dan bangga? Yaitu ketika engkau menjadi orang yang berhasil, menjadi orang yang hidup terhormat, dapat dibanggakan dan dapat diandalkan, bukan justru menjadi beban dan buah bibir orang di luar sana. Orang tua bahagia melihat anaknya bahagia dan itulah cara kita membuat mereka menjadi orang tua yang terhormat. Ketika jalan hidupmu bengkok kemudian perbuatanmu jahat dan memalukan maka hal itu membuat hati orang tua pedih, sakit dan terluka. Karena itu hormati orang tua bukan sekedar engkau menjadi anak yang baik baik saja atau penuh sopan santu, tetapi menghormati adalah engkau mengangkat nama baik orang tua dan menajag nama baik karena itulah yang lebih berharga dari emas dan permata.

Kalau kita bisa membuat orang tua kita bahagia maka disitulah sebtulnya letak bahagia kita. Kalau kita membuat orang kita sedih maka disitulah letak sedihnya kita. Jadi maukah engkau bahagia? Maka buatlah orang tuamu bahagia. Dengarkan kata-kata mereka dengan baik-baik dan janagn pernah bosan serta jangan pernah cepat marah. Kata –kata itulah yang akan membuat engkau bahagia dalam hidup. Bahagia yang tak mungkin terbeli dengan harta atau emas serta permat yang mahal. Tetapi miris banyak orang yang tega mengabaikan untuk menghormati ayah dan ibunya hanya demi kenyamanan duniawi. Engkau mau bahagia maka lakukan sesuatu yang terbaik dan pantas untuk orang tuamu. Panjang umur dan lanjut umur mungkin saja menjadi hal yang engkau miliki dalam hidupmu. Amin.

Lihat juga

Komentar


Group

Top